Perhatikan Ini Saat Mengemudi Mobil di Dalam Kota Bogor

Kemarin sore, Kota Bogor diguyur hujan yang sangat lebat disertai angin kencang dan petir. Bahkan drainase di ujung jembatan Otista yang baru selesai dibangun terlihat banjir. BMKG sendiri menyebut puncak musim hujan diperkirakan akan berlangsung sampai pertengahan Februari atau akhir Februari 2024.

Saat musim seperti ini ada baiknya mengindari bepergian. Namun jika mengharuskan bepergian dengan mobil berikut beberapa hal yang mungkin bisa diperhatikan:

  • Jaga jarak pandang akan terbatas baik di depan maupun spion. Meskipun anda ingin cepat sampai tujuan, ada baiknya untuk mengurangi kecepatan agar aman.
  • Hati-hati terutama di sisi pinggir jalan. Sisi pinggir jalan biasanya adanya lubang drainase, dimana air akan mengalir ke sana. Kadang jika ada lubang tidak terlihat karena air.
  • Hindari memarkir  di bawah pohon, reklame atau tiang. Selalu antisipasi kemungkinan, misal pohon atau tiang roboh.
  • Jika anda warga Bogor, tentukan dan hafalkan titik-titik yang sekiranya beresiko rawan bencana hidrometeorologi. Anda dapat menentukan titik-titik tersebut dari berita atau analisa pribadi.  Misalnya jalan menuju stasiun Cilebut yang beberapa titik sudah longsor dan rawan longsor. Saat hujan lebat hindari titik-titik yang sekiranya rawan tersebut.

Semoga bermanfaat.